Jamur ‘QLYRA’, Langkah Kecil Menuju Mimpi

Siapa yang tidak mengenal jamur? Selain ada di pakaian lembab yang lama tidak dijemur, jamur juga merupakan makanan favorit masyarakat saat ini. Mudah didapatkan, tekstur yang unik, dan harga yang bervariasi menjadikan tanaman ini bisa diolah menjadi berbagai macam makanan; mulai dari yang memiliki harga kaki lima hingga yang hanya disajikan di restoran berbintang di atas tiga. Tapi permintaan pasar saat ini sedang berkutat di salah satu jenis jamur yang berwarna putih, berbentuk seperti payung, berharga murah, dan mudah diolah menjadi berbagai macam makanan. Yak, anda benar sekali. Jenis jamur yang sedang kita sorot saat ini adalah jamur tiram.

IMG-20170721-WA0062

Jamur tiram merupakan salah satu spesies dari keluarga cendawan yang aman dikonsumsi oleh manusia. Jamur tiram mudah diproduksi dalam skala besar, akan tetapi diperlukan keahlian khusus dalam melakukan produksi jamur tiram ini; entah produksi tersebut dalam skala rumahan atau skala indrusti. Kesulitan ini perlu diperhatikan oleh Balai Latihan Kerja (BLK) Kabupaten Jember, dan BLK memberikan pelatihan kepada masyarakat Desa Kasemek Kecamatan Tenggarang Kabupaten Bondowoso tentang bagaimana cara budidaya jamur tiram yang seharusnya dilakukan. Pelatihan yang dilakukan oleh BLK ini menelurkan sebuah UMKM yang bergerak di produksi jamur tiram yang kemudian diberi nama ‘QLYRA’. Kini, UMKM ‘QLYRA’ dipimpin oleh Ummi Rulli Anna.

IMG-20170721-WA0071

UMKM QLYRA memproduksi dua jenis produk. Produk pertama adalah jamur tiram yang dijual dalam kondisi segar, dan produk yang kedua adalah olahan dari jamur tiram tersebut yaitu berupa jamur tiram crispy. Produksi jamur tiram crispy ini pada awalnya dilakukan karena hasil panen jamur tiram segar yang semula menjadi produk utama UMKM ini sering tidak laku terjual, sehingga Ummi Rulli mengakali lebihan panen jamur tiram dengan mengolah jamur tiram tersebut menjadi jamur tiram crispy. Jamur tiram crispy bermerek dagang ‘QLYRA’ ini sudah terkenal, karena selain rasanya enak dan tekstur crispy-nya sangat terasa, kemasan yang digunakan juga kemasan yang premium class sehingga tampilan jamur tiram crispy merek ‘QLYRA’ sangat menarik. Pemasaran yang dilakukan sudah mencapai tingkat Kabupaten sehingga jamur crispy merek ‘QLYRA’ ini dapat didapatkan di outlet-outlet penjual oleh-oleh di seluruh Kabupaten Bondowoso, bahkan jamur tiram crispy dapat ditemui di cafe-cafe tempat nongkrong anak muda sehingga aman dikatakan bahwa jamur tiram crispy ‘QLYRA’ merupakan jajanan anak hits milenial.

IMG-20170721-WA0035-01

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *